4 Cara Mudah Mengetahui Aplikasi Android Yang Membawa Virus

4 Cara Mudah Mengetahui Aplikasi Android Yang Membawa VirusOS Android adalah salah satu produk terkenal yang telah di keluarkan oleh Google untuk pengguna handphone, karena untuk sistem operasi Android ini sudah dilengkapi dengan banyaknya fitur canggih yang ada didalamnya. Sehingga perusahan smartphone pun kini telah berlomba-lomba untuk bisa menggunakan jasanya, dengan banyaknya aplikasi dan juga game yang seru sehingga smartphone android ini telah banyak menarik para pengguna hp.

Tetapi jika ada kelebihan pasti akan ada kekurangan. Salah satunya di sistem operasi Android yang satu ini, meskipun memiliki banyak kelebihan yang di tawarkannya akan tetapi pasti akan ada kekurangannya juga. Dan salah satu kekurangannya yaitu terdapat aplikasi yang sering membawa sebuah virus atau pun malware. Sangat berbeda sekali jika kita bandingkan dengan Apple dan iOS atau Microsoft dan Windows. Hal ini terjadi karena pihak dari Google sendiri belum melakukan pemblokir atau menghentikan sebuah aplikasi yang terdapat virus di dalamnya. Akan tetapi, pihak dari Google sendiri hanya melakukan perpindahan virus yang ada di Google Playstore saja, karena hal ini cukup beresiko sekali karena bisa menghilangkan semua data-data yang sangat penting di smartphone android anda ketika anda akan menginstall aplikasi yang telah membawa virus.

Cara Mengetahui Aplikasi Android Yang Membawa Virus

1. Tidak ada di Play Store

Sebaiknya anda jangan pernah mengunduh dan juga install aplikasi yang tidak ada di toko resmi aplikasi android selain di Google playstore, karena jika anda melakukannya maka resiko akan terkena virus akan lebih besar. Dengan begitu, aplikasi yang tidak resmi bisa saja akan membawa virus yang akan membuat sistem smartphone android anda rusak. Maka dari itu, silahkan anda download dan install aplikasi yang sudah ada di Google Playstore saja. hal ini agar dapat terhindar dari aplikasi yang membawa virus atau pun malware.

2. Izin Pemasangan Aplikasi Mencurigakan

Biasanya jika aplikasi yang tidak ada di Google Playstore, pasti akan memiliki sebuah izin memasang yang sangat merepotkan. Oleh karena itu, sebaiknya jika anda ingin download dan install aplikasi yang akan di pasang untuk di ponsel android anda.

3. Jumlah Penginstallan

Sebelum anda akan melakukan download dan juga install aplikasinya, sebaiknya anda lebih dulu lihat jumlah berapa banyak pengguna ponsel yang telah mendownload aplikasi tersebut. Jika yang sudah downloadnya sebanyak 1 juta atau lebih dari itu dan sudah memiliki rating bintang 4-5, maka untuk aplikasinya sudah pasti aman dan terbaik. Buktinya, karena aplikasi tersebut sudah banyak orang yang telah menggunakannya di hp android.

4. Deskripsi aplikasi tidak jelas dan kadang salah

Saat ini sudah banyak developer aplikasi abal-abal yang sudah memasarkan produknya secara tidak resmi, sehingga hal ini sering terjadi deskripsi yang tidak jelas. Oleh sebab itu, alangkah baik anda pastikan lebih dulu aplikasi yang ingin anda instal dan harus memiliki deskripsi yang jelas.

Baca Juga :

Cukup sekian dari kami tentang Tips Trik Mengetahui Aplikasi Android Yang Membawa Virus, semoga dengan informasi yang kami bagikan diatas bisa bermanfaat untuk anda semuanya, mohon maaf jika ada kata-kata yang tidak berkenan di hati para pembaca, sekian dan terima kasih.

4 Cara Mudah Mengetahui Aplikasi Android Yang Membawa Virus | Ruinto | 4.5