Cara Mudah Menghemat Kuota Internet di Android Terbukti Berhasil

Cara Mudah Menghemat Kuota Internet di Android Terbukti BerhasilSekarang ini internet sudah menjadi salah satu kebutuhan yang sangat penting, karena jika dalam satu hari saja kita tidak bisa internetan maka mood yang kita miliki akan hilang atau berantakan. Maka dari itu pemakaian kuota internet anda harus lebih irit karena saat ini harga kuota yang ditawarkan oleh provider sangat mahal. Untuk itu, pada kesempatan kali ini kami ingin memberikan informasi tenteng cara untuk menghemat kuota internet di android.

Nah, jika provider kartu tidak bisa menurunkan harga kuota internet maka yang bisa anda lakukan yaitu dengan mencari cara melalui smartphone android anda untuk mengurangi pemakaian kuota internet anda. Dimana anda bisa menggunakan dengan cara browsing menggunakan browser hemat memori agar bisa mengurangi pemakaian data. Adapun untuk tutorialnya silahkan anda simak langsung dibawah ini.

Tips Trik Menghemat Kuota di Android Dengan Mudah :

1. Menggunakan fitur Chrome “Data Saver” untuk melakukan browsing

Bagi anda yang menggunakan Chrome browser, langkah awal yang dilakukan oleh anda yaitu memotong penggunaan kuota data internet dengan aktifkan sebuah icon data saver. Untuk cara mengaktifkan fitur tersebut yaitu silahkan anda masuk di menu Setting – Data Saver – On. Dengan begitu fitur tersebut langsung mengompres data milik anda sampai 50% sehingga data pada smartphone android anda akan berkurang.

2. Non-aktifkan opsi sinkronisasi yang tidak diinginkan

Selanjutya untuk cara menghemat kuota internet di android yakni dengan cara non aktifkan akun yang ada opsi sinkronisasi dan yang sudah anda tidak gunakan lagi. Untuk caranya adalah anda masuk di menu Setting – Accounts – lalu anda pilih akun yang akan anda sinkronisasikan. Dengan begitu anda akan hemat kuota data yang anda miliki karena secara otomatis aplikasi yang anda gunakan di android anda tidak akan tersambung dengan internet.

3. Membatasi penggunaan mobile data dan mengaktifkan peringatannya

Seperti yang anda ketahui bahwa fitur data usage warning dan juga limit sistem yang ada disetiap smartphone android ini? Sekarang bisa anda manfaatkan karena fitur tersebut akan memberi tahu kepada pengguna jika data yang anda pakai ini sudah melewati batas. Cara menggunakannya yaitu anda masuk di menu setting – data usage – seluler data – set seluler data limit. Setelah itu anda tap untuk mengaktifkannya.

4. Membatasi penggunaan data di background (Restrict Background Data)

Untuk anda yang merasa sangat boros sekali dalam menghemat pemakaian kuota internet di android maka solusi untuk cara menghematnya yaitu dengan hentikan penggunaan data pada background. Untuk cara membatasinya silahkan anda anda masuk di menu Setting – Data Usage – lalu anda Tap di tiga garis vertikal yang ada di bagian kanan atas – Restrict background data – Ok. Cara ini akan mengurangi aplikasi yang sudah menggunakan data ketika berjalan pada background, tapi untuk resiko yang didapat oleh anda yakni notifikasi anda akan sangat lambat datang. 

5. Indentifikasikan aplikasi yang memakan kuota data internet terlalu banyak

Sudah banyak sekali aplikasi yang tersedia di Google Playstore dengan aplikasi tersebut pengguna smartphone akan di mudahkan untuk bisa terhubung dengan internet tetapi hal ini yang bisa membuat memakan banyak data. Nah, jika pengguna smartphone ingin mengetahui aplikasi yang sudah banyak memakan data, silahkan anda masuk di menu Setting – Data Usage, lalu anda scrool kebawah dan anda akan menukan daftar aplikasi yang sudah menyedot data anda. Untuk solusinya anda bisa melakukan uninstall pada aplikasi yang sudah banyak memakan data lalu anda gantinya dengan menggunakan aplikasi terbaru yang bisa menghemat kuota data internet anda.

6. Membatasi penggunaan data di masing-masing aplikasi

Opsi yang ada di android data usage ini tidak hanya satu-satunya cara untuk batasi di penggunaan data di aplikasi. Dimana ada beberapa aplikasi yang sudah memiliki opsi sinkronisasi dan juga opsi data sendiri. Bahkan anda juga bisa akses lewat menu penggaturan yang ada di aplikasi tersebut. Misalnya pada Google Photos, silahkan anda masuk di menu Setting – Back Up dan Sync agar pengguna bisa melihat opsi penghematan data di aplikasi tersebut.

7. Membatasi update aplikasi hanya jika terhubung dengan WiFi

Bagi anda yang menggunakan aplikasi dari Playstore maka smartphone android anda akan update dengan otomatis aplikasi yang sudah terinstall di smartphone. Bahkan untuk update yang di berikan oleh aplikasi tersebut terkadang akan memakan kuota internet yang mulayan besar, dengan begitu kuota anda akan sangat boros. Untuk cara mengatasi hal ini yaitu silahkan anda mengaktifkan opsi Wifi only saja. Nah, jika anda menggunakan jaringan wifi maka aplikasi akan update datanya jika smartphone anda sudah terhubung ke jaringan wifi. Untuk cara aktifkannya silahkan anda masuk di menu Google Playstore dan setelah itu anda pilih menu Setting – Auto-update apps – Auto-update apps over Wifi Only.

Baca Juga :

Bagaimana cukup mudah bukan ? Tentang Cara Menghemat Kuota di Android, semoga dengan adanya informasi diatas bisa bermanfaat untuk anda semuanya. Selamat mencoba dan terima kasih.

Cara Mudah Menghemat Kuota Internet di Android Terbukti Berhasil | Ruinto | 4.5